Sabtu, 15 September 2012


1.LAHIR NYA KIMIA

             Kimia modern dimulai oleh kimiawan Perancis Antoine Laurent Lavoisier (1743-1794)
Ia menemukan hukum kekekalan massa dalam reaksi kimia, dan mengungkap peran oksigen dalam pembakaran. Berdasarkan prinsip ini, kimia maju di arah yang benar
Tidak sampai awal abad 20 teori atom, akhirnya dibuktikan sebagai fakta, bukan hanya hipotesis. Hal ini dicapai dengan percobaan yang terampil oleh kimiawan Perancis Jean Baptiste Perrin (1870-1942). Jadi, perlu waktu yang cukup panjang untuk menetapkan dasar kimia modern.

a. Teori atom kuno
            Sebagaimana disebut tadi, akar kimia modern adalah teori atom yang dikembangkan oleh filsuf Yunani kuno. Filosofi atomik Yunani kuno sering dihubungkan dengan Democritos (kira-kira 460BC- kira-kira 370 BC).Dalam periode yang panjang sejak zaman kuno sampai zaman pertengahan, teori atom tetap In heretikal (berlwanan dengan teori yang umum diterima) sebab teori empat unsur (air, tanah, udara dan api) yang diusulkan filsuf Yunani kuno Aristotole (384 BC-322 BC) 
b. Teori atom Dalton
          
Teori atom Dalton:
(1) partikel dasar yang menyusun unsur adalah atom. Semua atom unsur tertentu identik.
(2) massa atom yang berjenis sama akan identik tetapi berbeda dengan massa atom unsur jenis lain.
(3) keseluruhan atom terlibat dalam reaksi kimia. Keseluruhan atom akan membentuk senyawa. Jenis dan jumlah atom dalam senyawa tertentu tetap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar