Selasa, 25 Desember 2012

akibat rokok


Efek rokok begitu mematikan, siapapun yang berani mencoba menghisapnya bisa dipastikan akan menerima seribu satu efek buruknya. Bahkan dalam setiap kemasan rokok efek buruk tersebut dicantumkan secara jelas, supaya dibaca. Namun sebagian orang ternyata tidak menghiraukannya.
“Gak merokok gak gaul” banyak orang yang selalu berkata tentang kata-kata tersebut, kata nya kalau gak merokok gak jadi anak gaul, apakah benar dengan istilah tersebut? 
Banyak orang yang merokok akan tetapi tidak sadar akan bahaya yang akan di terima nya.
Sebetul nya apa sih yang di maksud dengan rokok ? Apakah rokok menguntungkan atau merugikan ? Masih banyak orang yang mempertanyakan hal tersebut. Padahal kalau secara logika tentu saja mengkonsumsi rokok hanya akan menguntungkan untuk pihak perusahaan yang memproduksinya. Lalu apakah keuntungan merokok bagi konsumen ??
Dalam artikel saya kali ini saya akan membahas sedikit tentang rokok.
Rokok  adalah silinder dari kertas berukuran panjang antara 70 hingga 120 mm dengan diameter sekitar 10 mm yang berisi daun-daun tembakau yang telah dicacah. Rokok dibakar pada salah satu ujungnya dan dibiarkan membara agar asapnya dapat dihirup lewat mulut lalu dikeluarkan kembali melalui mulut dan hidung banyak bahaya yang ditimbulkan dari  rokok mulai dari yang aktif (penghisap rokok) hingga yang pasif (bukan perokok).
Kenapa rokok itu berbahaya? Karena rokok mengandung banyak bahan-bahan kimia yang berbahaya,diantara nya   :
Asap rokok mengandung kurang lebih 4000 bahan kimia yang 200 diantaranya beracun dan 43 jenis lainnya dapat menyebabkan kanker bagi tubuh. Beberapa zat yang sangat berbahaya yaitu tar, nikotin, karbon monoksida, dsb.
Dan tahukah anda Asap rokok yang baru mati di asbak pun mengandung tiga kali lipat bahan pemicu kanker di udara dan 50 kali mengandung bahan pengeiritasi mata dan pernapasan. Semakin pendek rokok semakin tinggi kadar racun yang siap melayang ke udara. Suatu tempat yang dipenuhi polusi asap rokok adalah tempat yang lebih berbahaya daripada polusi di jalanan raya yang macet. Karena kimia yang terkandung di dalam rokok sangat berbahaya sekali bagi tubuh manusia .Fakta nya hampir sekian ribu jiwa setiap hari di dunia yang meninggal akibat sebatang rokok. Dan banyak sekali dampak negative yang di timbulkan akibat merokok,diantaranya:
Seseorang yang mencoba merokok biasanya akan ketagihan karena rokok bersifat candu yang sulit dilepaskan dalam kondisi apapun. Seorang perokok berat akan memilih merokok daripada makan jika uang yang dimilikinya terbatas. Padahal sudah jelas rokok menimbulkan efek seperti :
Gelisah, tangan gemetar (tremor)
Cita rasa / selera makan berkurang
Ibu-ibu hamil yang suka merokok dapat kemungkinan keguguran kandungannya
Batuk-batuk atau sesak napas
Jantung berdebar-debar
Kanker, gangguan kehamilan, impotensi
Meningkatkan tekanan darah serta kadar kholesterol dalam darah,dan sering menyebabkan terjadinya serangan jantung.
Nah kalian tahu kan betapa bahaya nya merokok , merokok itu tidak ada untung nya sedikitpun bagi tubuh .
Dari pada uang kita habis hanya untuk merokok lebih baik kita sisihkan sedikit uang kita untuk keperluan yang lebih penting atau beramal. Satu kalimat untuk kita renungkan, Matikanlah Rokok Sebelum Rokok Mematikan Anda. (Sevtian Cristoper)
Sumber :
http://irwantav.wordpress.com/2012/02/06/artikel-bahaya-merokok-bagi-kesehatan-kita/
http://www.imadiklus.com/2012/07/pengaruh-negatif-rokok-bagi-kesehatan-di-kalangan-remaja.html
http://ridwanaz.com/kesehatan/ingin-tahu-lebih-detail-bahaya-rokok-bagi-kesehatan-kita/
http://medicastore.com/artikel/299/Lindungi_Remaja_dari_Bahaya_Rokok.html
http://tipsartikel.com/2010/02/15/rokok-dan-bahaya-merokok/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar