Rabu, 26 Desember 2012

INDUSTRI KHLOR DAN ALKALI



INDUSTRI KHLOR DAN ALKALI
Mungkin bagi para teman-teman dari kimia murni atau dari teknik kimia sudah tak asing lagi dengan yang nama nya industri klor alkali ini,proses klor alkali adalah proses elektrolisa garam(NaCl) menjadi gas klorin(Cl2), gas hidrogen(H2) dan NaOH. (itu kalau produknya dipisahkan). Kalau produknya dicampur saja maka akan menghasilkan sodium hypochloride atau sodium chlorate.
Di industri klor alkali sendiri ada 3 jenis proses elektrolisa brine(larutan garam):
1. diapragm cell
2. mercury cell
3. membrane cell
Klor dalam bahasa yunani adalah: Chloros, (“hijau pucat"), adalah unsur kimia dengan simbol Cl . Dalam tabel periodik, unsur ini termasuk kelompok halogen atau grup 17 .Dalam bentuk ion klorida, unsur ini adalah pembentuk garam dan senyawa lain yang tersedia di alam dalam jumlah yang sangat berlimpah dan diperlukan untuk pembentukan hampir semua bentuk kehidupan, termasuk manusia. Dalam bentuk gas, klorin berwarna kuning kehijauan, dan sangat beracun. Dalam bentuk cair atau padat, klor sering digunakan sebagai oksidan, pemutih, atau desinfektan.
Unsur-unsur halogen dapat diidentifikasi melalui warna dan sifatnya. Misalnya Cl : berupa gas warna kuning kehijauan pada suhu kamar, nonpolar, kelarutan dalam air kecil dan larut dalam pelarut non polar seperti heksana.
Pemutih Klorin (bleaching agent) mengandung larutan hipoklorit (NaClO). Ion ClO- merupakan suatu oksidator, daya oksidasinya sama dengan klorin namun ion ClO- berbeda dengan Cl- sebab asam hipoklorit. HClO adalah asam lemah dan ion ClO- adalah basa yang cukup kuat, sedangkan Cl- mempunyai sifat netral dan merupakan basa konjugat dari HCl kuat.
Ion Klorida membentuk endapan dengan ion-ion Ag+, Pb2+, dan Hg2 +2, berperan sebagai ligan dalam pembentukan kompleks yang diamati melalui perubahan warna dan melarutkannya endapan atau padatan
1) Hampir semua unsur alkali berwujud padat pada suhu ruangan.
2)Warnanya putih seperti perak
3)Penghantar listrik serta panas yang baik
4)Makin besar nomor atom, maka titik didih/titik lebur makin kecil
5)Makin besar jari-jari atomnya, maka gaya tarik menarik antar atom logamnya makin lemah
6) Memiliki spektrum emisi
Unsur alkali merupakan logam lunak,berwarna putih mengkilap, konduktor yang baik, dan mempunyai Titik leleh yang rendah,serta ditemukan dalam bentuk garamnya.
Warna Nyala Logam Alkali, atau Warna nyala yang dihasilkan oleh suatu unsur disebut sprektum emisi. Spektrum emisi yang dihasilkan berkaitan dengan model atom NeilsBohr. Ketika atom diberikan sejumlah energi,elektron-elektron yang berada pada keadaandasar akan tereksitasi menuju kulit yang lebihtinggi dengan ringkat energi yang lebih tinggi.
SUMBER:
http://www.chem-is-try.org/tabel_periodik/klor/ http://en.wikipedia.org/wiki/Alkali http://tunasalamuin.blogspot.com/2012/02/sifat-kimia-senyawa-klor.html http://wanibesak.wordpress.com/tag/sifat-fisik-dan-kimia-unsur-golongan-alkali/ http://www.scribd.com/doc/52577838/SIFAT-KIMIA-SENYAWA-KLOR

Tidak ada komentar:

Posting Komentar